Friday 2 March 2018

MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN

Pada kesempatan kali ini Rumah Segala akan membahas tentang Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan.

Kelor atau Merunggai ( nama ilmiah Moringa Oleifera ) adalah tumbuhan yang memiliki ketinggian batang 7 sampai 11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil – kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai jika diperhatikan hamper mirip dengan daun trembesi. Cara untuk menanam pohon kelor ini juga sangat mudah bisa dengan cara menacapkan ranting ke tanah atau juga bisa melalui biji buahnya yang sudah tuwa dan kering lalu ditanam.


Daun kelor ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, kandungan-kandungan vitamin yang ada didalamnya sangat bagus untuk menyuplai kebutuhan vitamin pada tubuh. Daun kelor memiliki kandungan potasium 3 kali lebih banyak dari pada pisang, kandungan vitamin A 4 kali lebih banyak dari pada wortel, kandungan zat besi 25 kali lebih banyak dari pada bayam, kandungan vitamin C 7 kali lebih banyak dari pada jeruk,  kandungan kalsium 4 kali lebih banyak dari pada susu, dan kandungan protein 3 kali lebih banyak dari pada yoghurt.

Selain mengandung banyak vitamin, zat besi, kalsium dan protein ternyata daun kelor ini juga bisa mencegah berbagai penyakit diantaranya :

PENYAKIT JANTUNG
Daun kelor sangat signifikan untuk kesehatan jantung dengan cara mengkonsumsinya dengan dosis 200 mg per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, hal ini dapat menghasilkan tingkat lebih rendah lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

PENYAKIT KANKER
Daun kelor mengandung senyawa Isothiocyanate Benzil yang mampu mencegah pembentukan sel tumor dan kanker. Ekstrak daun kelor bermanfaat untuk mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan  dan reproduksi sel-sel kanker. Kandungan lebih dari 40 jenis antioksidan didalamnya dapat melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi dan kelainan sel.

PENYAKIT DIABETES
Kadar nutrisi Seng pada daun kelor yaitu mineral yang bermanfaat untuk produksi insulin. Penyakit diabetes adalah akibat melemahnya atau menurunnya fungsi insulin, hormon pengatur kadar gula darah dalam tubuh.

PENYAKIT ASAM URAT
Senyawa aktif yang terkandung didalam daun kelor yaitu senyawa Alkaloid dan Flavonoid yang berfungsi sebagai pencegah pembentukan asam urat, Analgesic ( pereda rasa sakit ) dan Anti Inflamasi ( peradangan ).

PENYAKIT KOLESTEROL
Daun kelor berkhasiat untuk mengontrol, menyeimbangkan dan mengatasi koleterol jahat sebagai factor penyebab penyakit jantung dan stroke. Daun kelor juga berfungsi sebagai Anti Bakteri dan Anti Racun, sehingga dapat digunakan sebagai penawar racun alami. Ini terbukti bahwa biji buah kelor mampu menyerap kotoran pada air, sehinggaair kembali jernih dan sehat. Begitu pula fungsi daun kelor yang bermanfaat untuk membantu menyerap dan mengeluarkan racun yang ada didalam darah.

Efek Samping Daun Kelor
Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh daun kelor juga memiliki beberapa efek samping namun cukup aman ketika diminumdan digunakan dengan tepat. Daun, buah, dan bijinya aman bila dikonsumsi sebagai makanan. Namun jangan sampai mengkinsumsi akar tumbuhan kelor, karena akar kelor mengandung zat beracun yang berbahaya bagi tubuh.

Bagi Ibu hamil harus menghindari mengkonsumsi kelor karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya dikhawatirkan dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan keguguran. Memang ada perbedaan pendapat dalam hal ini, namun hal yang terbaik adalah menghindari mengkonsumsi kelor selama kehamilan dan menyusui.

Demikian pembahasan Rumah Segala tentang Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment