Monday 25 April 2016

PERBEDAAN ANTARA TAKDIR DAN NASIB

Assalamualaikum warahmatulahhi wabarakatuh Pada kesempatan kali ini Rumah Segala akan membahas tentang Perbedaan Antara Takdir dan Nasib.

Kita sering salah membedakan antara mana itu takdir dan mana itu nasib, dalam kehidupan kita kedua hal tersebut selalu tumpang tindih dan salah penafsiran, dan hal ini pula membuat manusia pasrah tanpa usaha dalam menjalani hidup, pasrah tanpa usaha itu sama halnya dengan manusia yang kehausan di tengah danau yang airnya jernih.

Berikut ini mari kita bersama belajar membedakan takdir dan nasib supaya kita menjadi faham dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi hidup.


Takdir adalah suatu keputusan Allah SWT yang di gariskan kepada setiap hambanya dan tidak ada yang dapat merubahnya. 

Dalam Alqur'an menjelaskan :
"Dan matahari beredar di tempat peredarannya Demikian itulah takdir yang ditentukan oleh (Allah) Yang Mahaperkasa lagi Maha Mengetahui" (QS Ya Sin [36]: 38).

Manusia lahir di dunia dengan jenis kelamin laki-laki atau perempuan itulah takdir dan setiap makhluk hidup pasti akan mati itu juga yang disebut dengan takdir tidak ada yang dapat merubah ketentuan tersebut.

Sedangkan yang disebut nasib adalah suatu keadaan kita yang kita buat sendiri entah itu berupa perbuatan, pekerjaan dan segala hal yang kita jalani sehari-hari. 

Dalam Alqur'an menjelaskan :
” Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang merubah apa-apa yang ada pada diri mereka ” (QS.13:11)

Sukses atau gagal itu adalah nasib hasil dari kinerja kita, baik atau buruk nasib kita adalah hasil akhir dari apa yang kita perbuat.

Marilah kita libatkan Allah dalam setiap kehidupan kita, perilaku kita, dan perbuatan kita sehari-hari agar Allah selalu meridhoi dan melindungi kita dari kesalahan yang menjadikan bencana.


Sekian pembahasan Rumah Segala tentang Perbedaan Antara Takdir dan Nasib semoga bermanfaat dan menambah ilmu... amien. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

1 comment:

  1. Terimakasih gan infonya sangat membukakan pikirian saya

    ReplyDelete