Monday 30 May 2016

BUMI TERANCAM ASTEROID "APOPHIS"

Kali ini Rumah Segala akan membahas tentang Bumi Terancam Asteroid "Apophis".


Bumi mungkin terancam oleh asteroid besar dan mungkin diperlukan kapal antariksa untuk membelokkan trayeknya, begitulah pernyataan Kepala Badan Antariksa Rusia Anatoly Perminov. Anatoly Perminov menyatakan bahwa Badan Antariksa Rusia akan segera mengadakan pertemuan untuk mempertimbangkan misi ke Apophis, asteroid yang mengancam Bumi tersebut, demi menunda kiamat. Perminov mengatakan di radio bahwa kalau proyek ini sudah disetujui, dia akan mengundang NASA, Badan Antariksa Uni Eropa, Badan Antariksa China, dan pihak lainnya untuk bergabung.


Berita ini mengejutkan Badan Antariksa Amerika Serikat yang berpendapat bahwa ancaman jatuhnya bongkahan batu yang kira-kira berukuran 270 meter itu ke Bumi pada tahun 2029 kemungkinannya cuma 1 per 37, jadi kemungkinan besar tak akan terjadi. NASA lebih berpendapat bahwa asteroid itu akan melewati Bumi, dan masih akan ada jarak aman sekitar 28.968 km. Namun, ada kemungkinan sangat kecil bahwa Apophis bisa menabrak Bumi pada tahun 2035 walaupun sekali lagi kemungkinan ini yang tadinya 1 per 45.000 telah dihitung kembali dan mengecil jadi 1 per 250.000. Namun, Perminov bersikeras bahwa asteroid itu adalah ancaman. Dia tak memberi detil jelas tentang bukti kemungkinan terjadinya tumbukan, tapi dia mengatakan bahwa dia telah diberi tahu para ilmuwan bahwa asteroid itu makin dekat.

Para ilmuwan telah lama mengemukakan berbagai teori strategi untuk membelokkan asteroid. Ada yang mengusulkan mengirimkan semacam satelit untuk mengorbiti asteroid itu agar perlahan-lahan trayeknya berubah. Ada juga yang mengusulkan mengirim pesawat antariksa untuk menabrak asteroid itu sehingga momentumnya berubah atau menggunakan senjata nuklir untuk menembaknya. Perminov tak mengumumkan detil apa-apa tentang proyek itu karena menurutnya masih banyak hal yang harus dipikirkan dulu. Namun, dia mengatakan bahwa misi itu tak akan memakai senjata nuklir.

Hasil riset Lembaga Antariksa Rusia memprediksi asteroid Apophis (yang pertama kali ditemukan 19 Juni 2004) akan menghantam Bumi pada tahun 2036. Pada tahun 2004, NASA juga pernah memublikasikan hasil riset yang mengungkapkan bahwa asteroid sebesar lapangan sepak bola itu berpotensi menghantam Bumi pada tahun 2009. Menurut hasil observasi Rusia, Apophis akan menghantam Bumi pada 13 April 2036. Akibat hantaman, efek layaknya kiamat akan terjadi di Bumi, tentunya disertai kehancuran dan kematian manusia di wilayah tertentu.

Demikian pembahasan Rumah Segala tentang Bumi Terancam Asteroid "Apophis". Apapun yang terjadi di alam semesta ini sudah di atur oleh Allah SWT. Kepandaian manusia dan alat apapun tidak akan mampu mencegah kehendak Allah SWT. 

Baca Juga KEADAAN BUMI MAKIN KRITIS

[ Sumber : Indo Crop Circles ]

0 komentar:

Post a Comment