Tuesday 12 April 2016

KEADAAN BUMI MAKIN KRITIS

Pada kesempatan kali ini Rumah Segala akan membahas tentang Keadaan Bumi Makin Kritis.

Bumi adalah planet yang didalamnya terdapat kehidupan makhluk hidup yaitu Manusia, Hewan, Tumbuhan dan benda-benda seperti air, batu, tanah dan lain-lain dimana semua ada dalam satu keseimbangan alam jika salah satu rusak, berkurang, atau punah maka rusak pula bumi secara keseluruhan.

Kini Bumi sudah menunjukan kerusakan yang sangat parah, bencana alam dimana-mana, hal itu terjadi karena alam sudah tidak seimbang. Manusia adalah satu-satunya faktor penyebab kerusakan alam, penyebab punahnya hewan-hewan, gundulnya hutan-hutan yang mengakibatkan bencana tanah longsor, banjir dan Pemanasan Global jika hal ini tidak segera diatasi maka bumi akan hancur secara permanen dan semua makhluk serta benda-benda yang ada di dalamnya akan musnah.


Perkembangan industri yang makin pesat membuat bumi makin tercemar, udara dan air yang menjadi sumber kehidupan makhluk di bumi sudah bercampur dengan zat-zat berbahaya yang di sebabkan oleh limbah industri tersebut. Bukan hanya itu saja makin padatnya bangunan-bangunan perkotaan di negara maju juga berpengaruh besar terhadap rusaknya bumi, pembebasan lahan hutan dan perataan gunung yang tidak terkendali, kebutuhan energi yang sangat besar yang melampaui kekuatan energi bumi jelas membuat bumi semakin kuwalahan dan jika terjadi terus menerus sudah pasti bumi akan hancur.

Berikut adalah beberapa bukti keadaan bumi saat ini :
  • Kota Padat Seoul Korea Selatan Dengan jumlah Penduduk 10.321.449 jiwa, Kepadatan Penduduk 17.055 jiwa /km2, Jelas kebutuhan energi di Kota Seoul Korea Selatan ini sangat besar sumber daya alamnya juga sangat sedikit karena semua ruang di padati dengan bangunan-bangunan.
  • Kebakaran hutan di Kalimantan, Akibat kebakaran hutan ini hampir seluruh warga terkena infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA karena menghirup oksigen yang bercampur asap, juga jutaan satwa kehilangan habitatnya dan terancam punah, selain itu juga mengakibatkan tanah longsor dan banjir.
  • Kawasan industri yang bikin folusi dan pencemaran air, Mesin-mesin pabrik di kawasan perindustrian memang sangat merusak lingkungan, selain udaranya yang terkena folusi akibat asap yang keluar dari cerobong mesin tersebut, Limbahnya yang kebanyakan dibuang ke sungai juga menjaadi penyebab utama pencemaran air di daerah tersebut, dan lama kelamaan semua laut di bumi akan tercemar dan kotor.
  • Perluasan daratan dengan menguruk pantai ( Reklamasi )Memperluas daratan dengan menimbun laut tentu berdampak besar terhadap kerusakan bumi. Air yang ada di bumi ini jumlahnya tetap tidak dapat berkurang atau bertambah, jika ada daratan yang tertimbun tentu air akan terdesak dan menenggelamkan daratan yang lain yang pastinya hal tersebut adalah bencana bagi daratan yang tenggelam tersebut.
Memang bumi yang kita tinggali ini sangat besar dan manusia sangat kecil sekali di dalamnya, tetapi manusia adalah makhluk yang paling sempurna dan diciptakan dengan pola fikir yang luar biasa, namun kepandaian ini tidak dipakai manusia untuk menjaga bumi yang di tinggalinya tapi cenderung merusak. Keserakahan manusia inilah yang dapat menghancurkan bumi beserta isinya termasuk manusia itu sendiri.
Demikian pembahasan Rumah Segala tentang Keadaan Bumi Makin Kritis, mari kita jaga bumi kita ini, jangan sampai bumi ini hancur hanya karena keserakahan kita para manusia. 

0 komentar:

Post a Comment