Tuesday 19 April 2016

CARA MEMBUAT GAME DENGAN RPG MAKER 2003

Kali ini Rumah Segala akan membahas secara singkat tentang Cara Membuat Game Dengan RPG Maker 2003.

RPG Maker adalah singkatan dari Rolle Playing Game, saat ini sudah banyak versi dari aplikasi RPG Maker ini, pada intinya semua sama yaitu aplikasi membuat game dengan menu-menu yang sudah disediakan di aplikasi tersebut.

Hal pertama yang harus dilakukan pastinya menginstal software RPG Maker 2003 di komputer atau laptop, spesifikasi yang dibutuhkan juga kecil yaitu dengan procesor minimal pentium 3, RAM 64 MB, VGA 32 MB.


Untuk langkah awal dalam pembuatan game yaitu membuat project dengan klik menu project lalu new project. Kemudian akan muncul menu untuk memberi judul game yang akan kita buat. Beri nama pada kolom Directory Name dan Game Name, setelah itu silahkan membuat Map game. Kalau pembuatan Map sudah beres lalu tentukan letak awal Hero game dengan cara klik icon kotak berwarna kuning ditengah ada gambar mouse yang terletak di menu bagian atas, lalu klik kanan di Map lokasi dimana kita ingin meletakan Hero dan klik Place Party Starting Position.

Untuk membuat rintangan silahkan pilih icon kotak berwarna biru datengah ada gambar mouse, kemudian pilih dimana rintangan akan diletakan double klik kiri dan akan muncul halaman script. Klik Set, pilih Monster rintangan lalu ok.

Untuk membuat pertanyaan pilih menu message pada event comand lalu akan muncul kolom message silahkan tulis pertanyaan di kolom message lalu klik ok. Kemudian memberi pilihan jawaban yaitu dengan pilih menu show choices maka akan muncul kolom jawaban, beri jawaban yang salah dan benar lalu ok. Untuk jawaban yang benar pilihlah menu erase event, comand tersebut akan menghilangkan monster dari map karena Hero berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, atau dengan kata lain mengalahkanya. Untuk jawaban salah pilih menu Game Over, comand ini akan menandakan Hero kalah dan game berakhir dengan kekalahan.

Membuat game dengan RPG Maker 2003 bisa dibilang sangat mudah dan sederhana, hanya membutuhkan pemahaman maksud dari menu-menu dan icon-icon yang ada pada tampilan aplikasinya ditambah dengan kreativitas yang tinggi agar game yang diciptakan bisa menarik dan membuat para pemainya penasaran, dan tidak bosan.

Untuk mengunduh atau mendownload buku Tutorial RPG Maker 2003 klik disini

Demikian Rumah Segala membahas tentang Cara Membuat Game Dengan RPG Maker 2003, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu.

0 komentar:

Post a Comment